p

Budaya Sejarah Tarian Kecak Bali


Anda tentunya tidak asing lagi dengan tarian ini, tarian kecak mungkin merupakan salah satu pertunjukan tarian yang terkenal di bali, tarian ini tidak menggunakan iringan musik sama sekali dengan hanya mengunakan suara chak-a-chak-a-chak yang dimainkan oleh panduan suara pria,ya.. saya sebut saja seperti paduan suara karena menghasilkan nada-nada yang khas di telinga,biasanya para panduan suara kecak terdiri dari laki-laki dengan jumlah yang terdiri dari 50 s/d 100 orang dengan membuat irama yang saling sahut menyahut sebagai pengiring ritual kepercayaan adat bali.


http://www.flickr.com/photos/23948428@N03/2924151976/ -tarik kecak-
untuk cerita tarian kecak itu sendiri berakar dari peradaban mytologi india terinspirasi dari cerita ramayana, dalam kisah tersebut raja rama dan istrinya dewi sita berserta laksamana saudaranya diasingkan kehutan selama 14 tahun dalam pengasingan karena perebutan kekuasaan. dimana ketika dihutan mereka bertemu raja rahwana, dan rahwana kemudian menculik dewi sita, kemudian rahwana menahan dewi sita di pulau lanka. singkat cerita raja rama menyerang dengan dibantu para kera atau monye-monyet untuk mengalahkan tentara rahwana. 


dan sejarahnya tarian kecak itu sendiri, pada tahun 1930 Wayan Limbak dan seorang pelukis asal jerman walter spies menciptakan tarian kecak dengan terinspirasi dari tema pengusiran roh dalam kepercayaan adat sanghyang dan juga diambil dari cerita-cerita ramayana. lalu dilakukan kolaborasi untuk menciptakan tarian yang otentik dengan adat bali itu sendiri.


http://www.flickr.com/photos/ihad/5245635523/ -Kecak Dance-
bapak wayan mempopulerkan tarian tersebut dengan mengadakan pertujukan dan kujungan ke seluruh dunia sehingga membuat tarian kecak terkenal hingga saat ini.



0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top