p

sasando


kalo aku ingat alat musik sasando, teringet suatu acara pertunjukan bakat swasata, dimana ada perserta yang mempopulerkan alat musik ini tapi lupa sapa namanya, liat bentuk sasando aja gua dah... wah elegan, alangkah bersukurnya gua jadi orang indonesia, tapi denger-denger sih katanya sedikit orang yang bisa alat musik ini, sayang sekali budaya nenek moyang kita tuhh. harus nya sih permerintah NTT lebih bisa mengenalkan lagi atau mempopulerkannya lagi kepada anak-anak biar mereka semakin cinta dan bangga akan budaya nenek moyang. mungkin karena pengaruh boyband neh, budaya luar neh ngerusak banget aii..

http://www.flickr.com/photos/willywangsa/4939893467/ -Sasando-
sasando itu asal usulnya dari nusa tenggara timur tepatnya di pulau rote, sasando terbuat dari daun lontar, yaa... pulau rote endemik dengan pohon lontar dimana pohon ini menjadi berbagai macam bahan baku seperti gula semut, lempeng, sopi, wadah bungkus tembakau yang digulung-gulung, sandal, tuak dan banyak produk made in lokal, asal sasando ini menurut sesepuh adat pulau rote sudah ada sejak jaman kerajaan, banyak versi atau kisah asal usul sasando ini seperti seorang penduduk tersesat di pulau Ndana ketika melaut, lalu dia dibawa penduduk setempat kepada raja , konon sang pelaut kesasar inilah yang membuat sasando karena mempunyai bakat seni lalu dia menciptakan alat musik unik ini, katanya sih sebelum membuat ini dia bermimpi memaikan musik dengan bentuk dan suara yang indah.



sasando dalam adat lokal biasanya digunakan untuk pengiring tarian, bermain sasando bisanya menggukan kedua tangan, dengan tangan kanan memainkan accrod, tangan kiri bermain bas dan melodi, bayangin aja tuh keunikan sasando, susah kaga ya kalo dimainin, dengan bentuk nya khas seperti tabung oval keptong setenga dengan senar senarnya yang berjajar diantara kutub tabung, ketika kita petik terjadi pantulan resonansi dari daun lontar, nahh apakah kamu tau hampir semua bahan nya dari produk alam kecual dawai dan kawat-kawat nya saja.





0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top