p

Eksotisme laguna pulau sempu - Malang

Pulau sempu merupakan daerah wisata yang terletak di provinsi jawa timur, malang, letaknya tak begitu jauh dari Sedang Biru, secara lokasi beradara pada kawasan administratif desa Tambakrejo, kabupaten Malang, kecamatan Sumbermajing wetan, dengan daya tarik konsep keindahan laguna atau lebih dikenal sebagai segara anakan, menjadikan daerah ini menjadi tujuan favorit bagi wisatawan lokal, walaupun untuk mencapai lokasi anda perlu membutuhkan setamina lebih untuk mejajal trekking hutan sempu.

Dengan luas Lagunan mencapai 4ha, layaknya kolam alami, disekitar laguna dilindungi bukit karang yang kokoh serta ditumbuhi pohon tropis lebat, dengan pantai berpasir putih, air lagunapun terkadang berwarna hijau tosca dan tak tersentuh oleh birunya air laut.


Untuk mencapai lokasi ke desa tambakrejo anda membutuhkan waktu hingga 4 sampai 5 jam, setiba disana anda menyeberang dari pantai sedang biru ke pulau sempu menggunakan perahu sewa, disini petualangan anda baru dimulai, untuk mencapai laguna anda harus menempu jarak hingga 2,5 Km dengan medan berlumpur menelusuri rerimbunan hutan hujan tropis, perkiraan total perjalanan normal 6 sampai 7 jam untuk sampai ke laguna.

Pulau sempu merupakan kawasan konservasi cagar alam sumbermanjing wetan dengan luas hingga 900 hektar pulau ini dikenal dengan jalur trekkingnya yang menantang dengan bukit dan lembah cukup terjal dan curam untuk sampai ke lokasi laguna, beragam fauna dapat anda temukan di hutan dengan vegetasi umum pohon sempu ini,  seperti kancil, babi hutan, kera ekor panjang, kijang dan monyet.

Setiba anda dilaguna segara anakan letih anda telah terbayar, begitu indah laguna ini nuansa intim pertama kali akan anda lihat dengan pasir putih pantai dan hijaunya laguna, mengabadikan keindahan laguna hingga di bukit tertinggi merupakan pengalam wajib anda, sebelum menggelar tenda di bibir pantai.


Sebelum melukan perjalan ke segara anakan sebaiknya anda melapor dahulu ke dinas perhubungan setempat, jika anda dan teman teman anda baru pertama kali ke pulau sempu sebaiknya sewalah tour guide biasanya masyarakat setempat mau dibayar dengan biaya dua ratus ribu untuk menyebrangi dan sampai ke laguna antar jemput, bawalah perlengkapan perlengkapan penting lainnya air mineral, obat obatan dan tenda. 

Satuhal yang penting pulau ini sudah banyak tercermar oleh sampah sampah pengunjung, anda di wajibkan membawa kantong sendiri sisa sampah anda setiba selesai camping di segara anakan.

3 komentar

  1. Artikel bagus Om, kami orang malang bangga punya objek wisata seindah pulau Sempu ...

    BalasHapus
  2. Pulau Sempu memang keren tapi pemerintah masih perlu mempertegas statusnya karena sebenarnya hingga kini pulau itu adalah cagar alam.

    BalasHapus
  3. gguidenya mahal 200rb utk orang lokal

    BalasHapus

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top