p

Reog Ponorogo - Jawa Timur

  • © http://www.flickr.com/photos/jati/3674784116/


Kagum dan bangga pertama kali ketika melihat pertunjukan seni yang satu ini, terlihat gagah dan garang begitu mereka tampil dengan diiringi  musik dan tarian, dengan mengibaskan Reog seberat 50 kilogram, Reogpun tak kalah cantiknya seperti merak yang menari, Reog ini dihiaskan bulu-bulu merak serta kepala seperti barong, anda pasti takjub ketika mereka memainkan Reog dengan berat seperti itu menggunakan gigitan giginya, dengan diiringi musik yang khas serta kesenian lainnya seperti kuda lumping dan tokoh seperti gatot kaca, ingin bertanya lakon sandiwara apa yang sedang dimainkan. tiba-tiba asik dengan pertunjukan pemainan, sang pembarongpun menghampiri penonton dengan menawarkan duduk di kepala barong. makin takjub dengan budaya satu ini, tapi banyak orang mengatakan reog diidentikan dengan mistis dan supranatural kita juga patut menghormatinya dan juga melestarikan warisan seni yang diwarisi oleh nenek moyang.

Jika berbicara mengenai kesenian reog maka tak terlepas dengan karakter satu ini warok, warokpun tak kalah garang haha.. dengan karakternya seperti jenggot panjang, alis tebal muka merah dengan baju serba hitam, biasanya warok sebagai penggiring reog ketika tampil iring-iringan, tapi punya sisi cerita dibalik sosok sang warok, karakter ini diibaratkan sebagai seorang yang dipetuahkan dan berilmu yang mampu memberikan nasihat dan jalan hidup akan baik dan buruk.

Hingga saat ini kesenian reog masih tetap di nikmati sebagai hiburan rakyat ataupun acara-acara besar, dan patut dibanggakan ketika artike ini dibuat, pelaksanaan festival reog ponorogo nasional tahunan yang ke 19 berlangsung hingga 10 sampai 13 november.

inilah ragam budaya indonesia hendaknya kita mencintai dan melestarikan kesenian reog ponorogo paling tidak kamu bangga dengan budaya yang luar biasa ini banyak legenda cerita yang mengiringi perjalan kesenian reog ini, cintailah negerimu maka negerimu akan dikenal dunia.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top