p

Wisata gua jatijajar kebumen Jateng

Eksotisme keindahan perut bumi dengan turunan landai hingga menjorok kedasar, Seni jutaan tahun tersaji, terlihat penyangga pilar kapur terbentuk alami dengan cekungan langit langit yang dihiasi ornament stalagtit, nampak terus tumbuh dengan tetesan air yang mengikis batuan, hingga masuk kedalam gua, lorong lorong gua terbentuk seperti labyrinth menyesatkan namun membuat anda penasaran.

pantulan suara gemuruh riak air sungai bawah tanah memecah hening, ketika mencoba menelusuri gua, gelap, lembab, serta cahaya redup terkesan misitis namun juga bagai pelengkap, di beberapa sudut terlihat diorama apik legenda padjajaran sebagai lakon latar legenda lutung kasarung (kamandaka).



Gua ini  berlokasi di desa jatijajar tak begitu jauh dari kabupaten kebumen anda dapat menggunakan lintas barat jalan kebumen - purwokerto, melewati kecamatan srueng - karanganyar - gembong hingga ke kecamatan rowokele dari rowokele tak begitu jauh untuk mencapat desa jatijajar total perjalanan yang akan anda tempuh hanya 1 jam perjalanan atau 35 Km.

Gua jatijajar terbentuk jutaan tahun dengan komposisi utama batu kapur, luas area gua hingga 5 hektar, dengan bentangan mencapai 230 meter serta diameter gua 20 meter dan tinggi rata rata 13 meter, gua ini sangatlah luas, jika anda menelusuri lebih dalam terdapat tujuh aliran sungai bawah tanah yang masih aktif, dan rongga ruang  gua yang cukup banyak untuk di telusuri.

Disambut pintu masuk gapura, menelusuri dalam goa dengan jalan tangga setapak yang telah disediakan dengan tepian pegangan tangan, penerangan jalalan cukup baik dan tertata, pencahayaan nampak begitu dramatis ketika menyoroti diorama patung legenda lutung kasarung (kamandaka). langit langit begitu indah ketika dihiasi kapur stalagtit dengan penyanggah pilar gua yang terbentuk dari batu kapur. 

Jauh masuk lebih dalam, anda dapat melihat tujuh buah aliran sungai alami dan hanya empat sementara yang diperbolehkan untuk dilihat, karena letaknya menjorok hingga empat puluh meter kedalam perut bumi, diujung selatan terdapat sebuah lorong akan menuju selatan mulut gua yang terletak air terjun gua jatijajar. 

Salah satu hal yang harus anda abadikan ketika moment pada saat berkas cahaya yang masuk pada rongga gua jatijajar akan nampak begitu indah.  


0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top