p

wisata jawa tengah taman kyai langgeng magelang

Taman ini kurang lebih telah berusia 26 tahun, digagas oleh Drs. A Bagus Panutun dari hasil pemikirannya untuk mendirikan taman di sebuah lahan yang tak produktif yang luasnya lebih dari 25 hektar, kemudian dibangun dan diresmikan tepatnya pada tahun 1987 bulan desember sebagai tempat taman bunga dan penelitian tumbuh tumbuhan khususnya yang memiliki nilai ekonomis, hingga sekarang taman kyai langgeng menyuguhkan perpaduan wisata alam dan beragam wahana rekreasi serta edukasi bagi keluarga dengan latar keindahan sisi lereng gunung sumbing.

Dan asal nama taman kyai langgeng diambil sebagai kisah salah satu dari perjuangan era sebelum kemerdekaan bersama pahlawan nasional dipenegoro, kyai langgeng sendiri merupakan seorang ulama serta orang kepercayaan pangeran dipenegoro, mengingatkan jasa jasanya dan makam kyai langgeng sendiri berada di kawasan taman,  maka penamaan taman edukasi dan rekreasi ini di berinama taman kyai langgeng.


Jika dari pusat kota magelang wisata ini berada hanya 1 kilometer saja atau anda hanya membutuhkan waktu 3 menit menuju arah barat daya, lokasi taman wisata berada di jalan cempaka tak jauh dari sekolah sma negeri 1 magelang.

Nuansa alam begitu kental jika anda berwisata ke taman kyai langgeng udara sejuk dingin dan menusuk dengan rerimbunan pohon tinggi yang dibiarkan tumbuh lebat, di area disekitar taman telah tertata dengan rumput yang rapi dan dipangkas serta jalur jalan batu berukir menuju setiap anjungan, banyak tempat wahana dengan berbagai konsep dari anjungan rekreasi dan edukasi dapat anda nikmati dan saksikan, bermacam klasifikasi reakreasi yang ditawarkan kepada keluarga dari wahana wisata air, wisata alam, wisata pendidikan hingga menikmati taman bunga yang indah dengan nuansa alam pegunungan yang di apit dari tiga gunung sekaligus, gunung sumbing, gunung merapi dan merbabu.

Area wisata ini cukup luas jika anda berwisata ke taman kyai langgeng sebaiknya anda terlebih dahulu mengunjungi informasi fasilitas fasilitas anjungan yang berada tak jauh dari kawasan taman, disana anda dapat mengetahui beragam informasi wisata dan denah lokasi untuk menuju ke area wisata yang mereka tawarkan, kurang lebih ada dua belas anjungan di kawasan taman wisata kyai langgeng, beberapa diantaranya kolam renang, komedi putar, Aquarium, kuda mini, jet coaster, museum dirgantara dan banyak lagi lainnya.  

Dan serta tempat kegiatan edukasi dapat anda lihat dan kunjungi di taman baca atau desa buku, diasana anda dapat temukan beragam kegiatan menarik dengan bermacam fasilitas penunjang seperti koleksi perpustakaan, rumah bubug tempat membaca dan melihat koleksi koleksi dari perpustakaan serta area ruang terbuka biasaya dijadikan tempat agenda pihak pengelola perpusatakaan mengadakan kegiatan edukasi seperti melukis, mengadakan festival seni budaya dan kegiatan diskusi umum.

Untuk agenda agenda menarik biasaya pihak pengelola telah memberikan pembagian waktu setiap triwulan dalam setahun, jika dalam triwulan pertama agenda yang bisanya diadakan seperti kegiatan lomba seni lukis, pada triwulan kedua pameran dan bedah buku terbitan nusantara serta galeri festival seni dan kebudayaan tradisional, pada triwulan ketiga lomba menulis karya ilmiah, kegiatan pelatihan, seminar dan mengarang dan pada triwulan akhir parade festival seperti marching band serta ajang pertunjukan seni dan tari.

1 komentar

  1. Terima kasih atas ulasannya mengenai Objek Wisata Taman Kyai Langgeng yang lokasinya berada di Kota Magelang - Jawa Tengah

    BalasHapus

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top