p

Berwisata ke Tugu khatulistiwa, - Pontianak, Kalimantan barat

Berkunjung ke pontianak tak lengkap jika anda tidak mengunjungi tugu khatulistiwa, monumen tugu khatulistiwa sendiri adalah sebuah tonggak tugu bangunan yang menandakan lokasi titik sempurna ekuator dari lintasan matahari.

Untuk sejarahnya sendiri perencanaan pembangunan dari tugu ini telah lama didirikan, setidaknya telah dibangun pondasi awal pada masa hindia belanda, dimana pada saat itu  beberapa disiplin ilmu dari belanda mengadakan penelitian dan menentukan tepat dan dimana lokasi titik ekuator itu berada, setelah pada tahun 1928 dimana awal bangunan pertama didirikan untuk sebagai penanda yang berupa sebuah tugu dengan anak panah satu arah.

Hingga sekarang fisik dari bangunan telah mengalami sebanyak tiga kali penyempurnaan, dengan inti dari tugu asli yang dilindungi dengan monumen yang menyerupai tugu dimana monumen ini mempunyai tinggi lima kali fisik tugu khatulistiwa yang asli. 


Lokasinya tak begitu jauh dari kota pontianak wisatawan dapat menyeberangi sungai kapuas ke arah mempawah dari pontianak, untuk lokasi alamat dari tugu khatulistiwa berada di Jalan khatulistiwa, Pontianak utara, dan tepat berada di tepian sungai kapuas.

Areal disekitar tugu terbilang telah cukup terkelola dengan baik, ini terlihat dengan penataan dari taman taman yang cantik, jalan setapak serta beberapa lapangan besar biasanya digunakan sebagian masyarakat sebagai kawasan ruang publik, pada halaman depan tugu terdapat informasi berupa plank petunjuk sebagai sedikit informasi dari sejarah tugu khatulistiwa ini.

Beralih ke fisik tugu, tampak bangunan tubuh penyangga tugu berbentuk pentagonal dengan atap sepintas menyerupai kubah, dan tugu yang berada di puncak atap merupakan replika dari tugu asli yang berada di dalamnya, tugu replika memiliki tinggi 4 hingga 5 kali dari tugu asli dan juga tersusun dengan 4 tiang punggur, pada puncak tugu tersusun dari 3 lingkaran yang mempunyai diameter lingkar berbeda serta anak panah.

Anda juga dapat memasuki bagian dalam bangunan, dimana di dalam bangunan ini terdapat monument tugu khatulistiwa yang asli, kira kira tugu pada bagian dalam mempunya tinggi 3 meter, persisi sama dengan replikanya yang mempunyai penanda garis litang.

Dari dalam juga wisatwan dapat melihat beragam koleksi foto foto sejarah tugu ini, foto foto lawas tersebut menceritakan secara visual pembangunan tugu dari awal mula dibangun hingga pembanggunan tahap akhir pada tahun 1990.

Ada hal yang menarik dari tugu khatulistiwa ini jika pada bulan bulan tertentu dimana akan terjadi fenomena alam berupa lintasan matahari akan tegak 90 derajat diatas lintang,  jika anda berdiri di ruang terbuka tidak ada bayangan yang dihasilkan, peristiwa ini dalam dunia sains disebut Kulminasi.

Bagi anda yang berkunjung jangan heran jika banyak muda mudi atau keluarga yang berlalulalang, karena tempat ini sendiri adalah salah satu ruang publik favorit bagi penduduk setempat.

Dan mengujungi Tugu khatulistiwa terasa berbeda jika anda tidak membeli oleh oleh, tak jauh dari kawasan tugu terdapat beragam pernak pernik dari sebuah gerai yang menjajakan oleh oleh khas kalimantan barat, seperti, seni ukiran, pernak pernih, tas yang terbuat dari anyaman hingga senjata khas suku dayak, mandau, barang barang ini dapat di coba dan di tawar.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top