p

Festival Legu Gam 2013 - Kesultanan Ternate, Maluku Utara

Legu Gam (Festival Rakyat) sebutan festival tahunan yang akan di gelar oleh kesultanan ternate, festival ini sendiri bermakna pembauran bagi kalangan keluarga kesultanan untuk berkumpul bersama masyarakat, dimana masyarakat ternate utara akan datang dengan ramai di alun alun kesultanan untuk merakayan tanggal kelahiran sultan.

Festival ini terbilang cukup meriah yang akan di adakan1 bulan secara berturut pada tanggal 30 maret hingga 20 april mendatang, dan setidaknya festival ini akan di buka olek kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif, adapun dari tamu yang di undang seperti kalangan kolega kesultan dari raja raja yang ada di indonesia, dubes dari beberapa negara dan sejumlah menteri terkai.

Selain Festival tahunan yang sangat menarik, acara ini bertujuan mempopulerkan kebudyaan maluku utara, mengenalkan potensi pariwisata kepada wisatawan dan sebagai pusat promosi ekonomi kreatif unggulan

Festival legu gam sendiri akan ditandai dengan iring iringan dari pawai obor yang akan di gelar pada tanggal 30 maret 2013, lalu pembukaan secara resmi satu hari sesudahnya, festival ini semakin meriah ketika pada puncak acara hari dimana kelahiran sultan Sultan Mudaffar Sjah tiba yaitu pada tanggal 31 maret 2013.

Puncak acara juga akan diadakan hiburan semalam suntuk yang melibatkan masyarakat dan para tamu acara akan mempentaskan beragam kesenian dan tarian adat dari maluku utara.

Sedikit profil sultan Sultan Mudaffar Sjah, Beliau merupakan sosok raja yang telah berkuasa sejak usianya yang menginjak tahun ke 35 dan resmi sebagai pemimpin kerajaan ternate ke 48, dimana ayahnya mangkat pada tahun 1975, beliau sendiri mempunyai sapaan bagi rakyatnya Jo Uu Kolano dan selalu menengahi masyarakat ketika terjadi perselisihan.

Acara acara yang akan diadakan sendiri berupa tarian kesenian, seperti yang menarik diantaranya tarian soya soya yang merupakan simbol dari perjuangan rakyat koyoa tarian ini akan dilakuan secara massal yang uniknya berlangsung di dalam laut, Selanjutnya atraksi adat bambu gila ini merupakan sebuah pertunjukan kebudayaan yang sangat unik dan penuh mistis dimana 5 orang pemuda akan mengangkat erat bambu yang telah diberi mantra oleh pawangnya, kemudian bambu bergerak dengan kekuatan yang magis sesuai perintah pawang dan para pemuda mencoba untuk mengendalikan.

Dan beberapa kegiatan bahari seperti diving dan snorkeling di pulau Gura Ici dan pulau Tofiri serta kompetisi Sailing dan memancing bagi para penduduk dan wisatawan.

Ada yang menjadi moment begitu istimewa bagi para pemuda masyarakat maluku utara di kota ternate dimana terdapat acara acara dari festival Legu Gam yang akan mempertemukan muda mudi penduduk setempat, acara ini kemudian sering dimanfaatkan para pemuda pemudi untuk mencari jodoh anda tertarik ? ayo datang ke festival Legu Gam (Pesta rakyat)


Festival ini sendiri akan diresmikan di kota ternate, anda dapat menuju kota ternate setidaknya menggunakan jalur udara, untuk penerbangan dari jakarta sendiri telah banyak pilihan seperti lion air, sriwijaya air, garuda dan merpati dan tiba di bandara sultan babullah.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top