p

Wisata Danau Rawa pening - Semarang, Jawa tengah

Rawa pening, sebutan untuk danau seluas 26,7 km2, lokasinya yang berada di deretan pegunungan sangat pas bagi anda yang memburu kesejukan, danau ini sendiri tergolong sebagai sumber utama mata pencarian bagi penduduk setempat untuk membuat dapur mereka terus mengepul, keberadaan danau yang tak lepas dengan kisah cerita dari masyarakat tampak menjadi keingintahuan untuk menyingkap lebih jauh certa cerita unik di masyarakat..

Keberadaan danau rawa pening yang begitu indah dengan pemandangan dari jajaran gunung tinggi menjulang mampu menarik wisatawan untuk berkunjung, tak heran jika obyek wisata ini merupakan tempat favorit bagi warga lokal ataupun luar kota, dimana sebagian masyarakat berkunjung  ke rawa pening sebagai hiburan yang tak begitu menguras kantong mereka, beberapa wisata yang menarik dari rawa pening sendiri adalah menelusuri danau dengan kapal nelayan yang disebut ketinting, merasakan hasil tangkapan ikan rawa pening di tepian di sepanjang warung lesehan, dan banyak lagi kegiatan menarik lainnya.

Tertarik untuk berkunjung ?, wisata ini sangat menarik untuk keluarga yang menikmati akhir pekan dengan suasana berbeda, dan tak lupa kerajinan khas yang istimewa dari rawa pening berupa hasil anyaman dari enceng gondog yang begitu memiliki seni dan bernilai jual tinggi sangat mudak di untuk ditemukan gerainya.


Lokasi terbaik untuk menelusuri rawa pening terdapat di kecamatan ambarawa, perbatasan antara salatiga dan semarang, ada tempat yang dibernama bukit cinta dari sinipun sudah terlihat danau rawa pening yang membentang luas, namun wisatawan harus lebih jauh lagi masuk kedalam, tenang saja di tepian bukit cinta mempunyai tempat parkir yang disediakan bagi para pengunjung. dan dari sini lah start wisatawan untuk memulai menelusuri dana rawa pening. 

Rawa pening setidaknya banyak tempat untuk berwisata yang berada di tepian danau ini, pengaturan lokasi sendiri terbilang sangat tertata dengan baik, dengan dermaga serta warung warung lesehan yang berjajar di tepian, umumnya obyek wisata atau tempat tempat strategis di rawa pening telah dikelola oleh pemerintah dan swasta.

Mereka bersaing dengan menawarkan beragam fasilitas dan akomodasi bagi warga yang berkunjung ke rawa pening, seperti wisata apung, banyak pilihan perahu ketinting yang akan membawa wisatawan mengelilingi danau ini, namun harga untuk menaiki perahu telah di patok sendiri untuk oleh nelayan nelayan setempat sehingga tidak menimbulkan persaingan harga.

Biasanya jumlah angkut yang dapat menampung para wisatawan kurang dari 10 orang, dengan peralatan safety berupa jaket pelampung, jangan heran jika anda memulai menelusuri dermaga nampak begitu sulit untuk menuju tengah danau, karena tahun tahun belakangan ini danau rawa pening sangat begitu subur di tumbuhi eceng gondong.

Untuk memperlampat laju pertumbuhan gulma satu ini pemerintah setempat dan melibatkan masyarakat mencoba memanfaatkan eceng gondong yang tumbuh subur sebagai bahan untuk barang kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Yang menarik perhatian adalah lokasi pilihan kuliner yang disediakan bagi pengunjung yang datang, mereka membuat restoran dengan konstrusi desain mengapung di tepian danau, lokasi restonya sendiri dipisah yang terdiri dari pondok pondok apung yang bersekat, dan sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tempat dengan suasana privasi.

Sensasi begoyang ketika mencoba santapan pertama mempunya rasa tersendiri ketika mencoba berwisata kuliner di resto apung ini

Bagi anda yang mempunyai hobi memancing di danau juga tersedia kolam pemancingan, yang tak jau dari warung apung lesehan, dimana tempat tersebut berada di keramba tarikan ikan dari mujair dan ikan nila akan lebih mendominasi jika anda mencoba memancing di keramba keramba pemancingan.

Bagi anda yang ingin berburu kerajinan sebagai oleh oleh, umumnya barang barang yang unik terdapat di sentra sentra kerajinan yang dikelola oleh masyarakat lokal, berupa kerajinan dari anyaman eceng gondong, kerajinan ini merupakan barang yang paling banyak ditemui di gerai penjaja, rupa dari bentuk kerajinan yang ditemui lebih beragam, seperti furniture perabotan rumah tangga seperti anyaman kursi, tempat tidur ayun, guci, tas, sandal dan barang unik lainnya.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top