p

Wisata Pulau Lengkuas - Belitung, Bangka Belitung

Bangka belitung provinisi kepulauan yang terkenal memiliki keindahan pesisirnya, hampir semua destinasi wisata menyuguhkan pantai berpasir putih dengan pesona biru laut yang membentang, dan setiap pantaipun sebagian memiliki karakteristik yakni di dominasi bebatuan granit bersar, tak terkecual pulau lengkuas.

Pulau lengkuas sendiri tak berpenghuni dan dapat wisatawan kunjungi di ujung barat pulau belitung, keistimewaannya dari pulau pulau lain menjadikan pulau ini destinasi yang setidaknya memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, namun tidak hanya itu kekayaan ekosistem bawah lautnya, pantai berpasir putih serta batu batu karang cadas menjadi keingintahuan yang lain bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Rehat sejenak dari aktivitas harian dan rencanakan kunjungan kelokasi lokasi menarik, mungkin suasana pesisir pantai di pulau pribadi dapat memenjakan pikiran, setidaknya pulau lengkuas memiliki keindahan alam yang dapat memanjakan siapa saja yang berkunjung.  


Secara pembagian wilayah administratif, pulau lengkuas berada di kabupaten belitung tepatnya di kecamatan sijuk, desa tanjung binga, wisatawan yang ingin menuju pulau ini dapat berangkat dari desa tanjung binga itu sendiri atau pantai tanjung kelayang menggunakan perahun mesin bermotor, waktu yang akan di tempu kurang lebih 50menit saja.

Dan untuk turis luar kota, anda dapat menggunakan jalur penerbangan, rute penerbangan sendiri sudah tersedia di kota kota besar seperi jakarta, palembang dan pangkal pinang yang akan mendarat di bandara HAS Hananjoedin, Tanjungpandang, dan dapat menggunakan maskapai Citylink, Sky aviation dan Sriwijaya Air.

Aroma surga tropis tampak terasa sesaat wisatawan melihat menara pandang dari mercusuar yang berdiri kokoh mengawal lalu lintas pelayaran disekitar, bebatuan geranit besar dan cadas juga menghiasi pinggiran pulau ini, kunjungan wisatawan yang menaiki perahu akan bersandar di pesisir pantai tersebut, sebab pulau ini sendiri tak memiliki dermaga untuk berlabuh.

Pantai di pulau lengkuas terbilang cukup luas dengan kontur landai dan bentuk memanjang hingga ke tengah mercusuar, disisi pulau bagian lain di dominasi pohon pohon yang rindang dan lebat yang tepiannya banyak ditemukan bebatuan granit.

Untuk mercusuar yang berdiri di tengah pulau ini adalah peninggalan bangunan era kolonial yang didirikan belanda di tahun 1882, keadaan fisik dari bangunan tak banyak berubah dimana dari lantai hingga puncak tertinggi memiliki 12 tingkat, di setiap tingkatan mempunyai 4 jendela pengawas, 

Jika dilihat dari sisi luar mercusuar ini tampak usang dan tua dimakan usia, besi besi yang melapis menara bagian luar berkarat kondisi serupa dapat ditemukan pada bagian dalam bangunan, tangga menuju puncak tak jarang di temukan keropos tetapi cukup aman untuk dinaiki, dengan melewati 12 anak tangga wisatawan dapat mengabadikan satu putaran penuh pemandangan di sekitar pulau lengkuas.

Bagian puncak memang didesain untuk mengawasi dan menuntun lalu lintas kapal kapal yang datang dan juga terdapat sorot lampu yang menandakan lokasi penunjuk arah saat berlayar pada malam hari, sejauh mata memandang akan terlihat luasnya laut biru bahkan pulau pulau terdekatpun dapat terlihat seperti pulau burung yang berada di arah selatan.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pulau lengkuas sendiri adalah bersnorkeling, kondisi trumbukarang yang cukup bagus dan banyak ditemukan variasi ikan merupakan daya tarik para wisatawan melakukan kegiatan ini, areal kawasan snorkling hanya beberapa puluh meter saja dari pulau utama dengan jarak pandang 10 hingga 20 meter. 

Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas snorkeling biasanya fasilitas telah disediakan oleh penyedia jasa expedisi ke pulau lengkuas berupa snorkel serta baju pelampung wisatawan juga dapat menggunakan masker dan kaki katak.

Kegiatan selanjutnya ialah sekedar bersantai di pesisir pantai, banyak pohon pohon besar seperti kelapa di pulau lengkuas dimanfaatkan sebagai tempat berayun yang cukup nyaman dan rindang atau menelusuri pulau yang seluas 3 hektar ini mungkin wisatawan menemukan spot spot terbaik untuk di abadikan di setiap frame pada lensa kamera.

Untuk fasilitas pendukung yang dapat ditemukan berupa kamar kecil yang dapat digunakan para wisatawan yang berkunjung.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top