p

Wisata Danau Poso Tentena - Poso, Sulawesi Tengah

Tak begitu menggema suaranya namun pesona wisata yang disuguhkan sangat memiliki pontensi yang tak kalah dari tempat lainnya di indonesia, danau poso danau dengan segala keunikannya membentang seluas 32 Km2, salah satu tempat terbaik menikmati indahnya danau ini adalah kota tentena, yang merupakan kota kecamatan dalam administratif kabupanten poso.

Lokasi yang strategis berada di dekat danau, membuat kota tentena akan menjadi singgahan pertama untuk menyusuri danau ini, wisatawan yang datang akan lebih menjadikan kota ini sebagai basecamp mereka, perlu diketahui di danau poso juga tiap tahunnya melakukan kegiatan promosi wisata, seperti pergelaran festival danau poso, yang berlangsung pada bulan oktober, festival ini rutin di adakan tiap tahunnya dan masuk penyelenggaran yang ke 13 kalinnya pada tahun 2012 lalu.

Bagi anda, para wisatawan yang ingin berkunjung banyak yang menyarankan datanglah pada bulan bulan juli hingga akhir tahun atau pada musim penghujan tiba, air yang melimpah membuat pesisir hingga air danau akan menjadi istimewa serta berbeda dan tentunya kuliner dari ikan khas danau poso akan mudah di dapatkan pada bulan tersebut.


Untuk mencapainya dari kota palu lebih kurang lama waktu yang akan wisatawan tempuh 4 jam perjalanan dengan melewati kabupanten poso hingga menuju kota tentena, dengan menggunakan kendaraan sendiri atau mobil travel.

Setidaknya terdapat beberapa hulu sungai di danau poso salah satunya sungai yang berada di kota tentena yang bernama sungai poso, di seberang kota ini merupakan kota pamona dua kota yang bertetangga, wisatawan yang ingin menyusuri sungai dapat menyewa perahu motor dari kota pamona atau tentena.

Banyak yang menjadikan danau poso sebagai lokasi tempat  menggantungkan nafkah bagi warga khususnya nelayan nelayan setempat, tak jarang perahu hilir mudik menuju danau ketika menyusuri sungai poso, banyak dari nelayan tersebut menangkap dengan menebar jala serta membuat keramba keramba apung, pemandangan yang jarang tentunya sesaat menikmati indahnya danau ini.

Danau poso juga merupakan lokasi habitat bagi ikan air tawar seperi nila, gabus hingga ikan mas, namun danau ini juga memiliki ikan ikan yang khas sebagai ikan endemik seperti ikan buntingi dengan nama lokal ikan rono dan celebes longfinell atau disebut sogili yang uniknya ikan ini tampak menyerupai ular, wisata kuliner dengan santapan ikan khas danau tersebut lebih populer bagi wisatawan yang sekedar ingin tahu rasanya.

Menyusuri bagian tengah danau yang khas dengan perbukitan serta pepohonan nampak memagari indahnya danau ini yang terlihat samar berada pada bagian pesisir, wisatawan juga dapat merasakan surga tropis dari hangatnya dan jernihnya air danau, bahkan warna danau akan mengalami perubahan dari berwarna jernih menjadi hijau kebiruan.

Dan satu lagi yang sangat berbeda dan jarang ditemukan di lokasi wisata lainnya, danau ini memiliki keunikan seperti pasir yang menyerupai tepian pantai, dan sebagian keindahan tersebut berada di lokasi yang bernama pantai pasir putih siuri yang dapat di capai dari pesisir kota pamona utara, lokasi pantai di danau ini sangat jarang dan sayang jika anda tidak mengunjunginnya.

Obyek wisata yang berada di kota tentena serta pamona tak hanya itu saja, setidaknya terdapat beberapa lagi yang dapat anda kunjungi seperti air terjun saluopa, jarak yang ditempuhpun hanya belasan kilometer saja dari pusat kota tentena, lokasi air terjun ini sendiri berada di desa leboni, di kecamatan pamona.

Keistimewaan dari air terjun saluopa yaitu mengalir dengan melewati 12 bukit berundak dan tampak serupa dengan air terjun bantimurung yang berada di maros, sulawesi selatan, bagi wisatawan yang berkunjung telah tersedia areal pemandian, air terjun saluopa merupakan kawasan wisata favorit dan sering di padati jika hari hari libur tiba.

Selanjutnya adalah taman anggrek yang berada di desa bancea lokasi ini telah didirikan sejak tahun 80an dimana dikelola oleh balai lingkungan hidup ksda pemerintahan setempat, selain menyuguhkan beragam jenis anggrek lokasi taman ini sendiri terbilang strategis dimana berada pada pesisir danau poso yang dikenal lokasi tersebut memiliki pasir berwarna keemasan atau disebut golden sand.

Jika akan merencanakan liburan panjang di kota poso khususnya tentena sebaiknya mencari lokasi yang tepat, setidaknya di bagian tepian yang tak jauh dari pusat kota banyak lodge atau penginapan yang langsung menghadap bagian danau, mereka akan membuat kunjungan anda lebih berkesan dengan jadwal aktivitas keigatan yang lebih menarik.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top