p

Kebun Raya Cibodas

  • © Moss 'Picable'
  • © Moss 'Picable'
  • © http://www.flickr.com/photos/tjetjep/2444419694/
  • © Moss 'Picable'


Sebenarnya didirikan kebun raya cibodas ini tak terlepas dari kebun raya bogor yang didirikan pada tahun 1852,kebun raya cibodas sebagai cabang dari kebun raya bogor difungsikan untuk meneliti berbagai macam tumbuhan luar negeri yang mempunyai nilai ekonomis, seiring waktu berjalan tepatnya pada tahun 2003 kebun raya cibodas sebagai tempat penelitian bagi lembaga ilmu pengetahuan indonesia (lipi) mencoba mandiri dengan membentuk konsorsium sendiri dengan tujuan sebagai konservasi dan tempat penelitan tumbuhan hayati.


Untuk lokasinya sendiri, kebun raya cibodas. berada di kawasan puncak antara lereng gunung gede desa rarahan, kecamatan cipanas, kabupaten cianjur, propinsi jawa barat, bagi kamu warga jakarta dari jakarata kamu dapat menempuh jalan ke arah puncak bogor kurang lebih 90 Km. atau jika kamu dari bandung waktu yang ditempuh ± 85 Km. 

dengan luas 85 hektar, landscape berbukit bukit, serta kelembaban 81 persen  dan suhu rata-rata kisaran 20 derajat, merupakan tempat yang cocok untuk berbagai macam tumbuhan ataupun species tanaman langkah yang ada diluar negeri ataupun dalam negeri, pantas lah lipi menjadikan sebagai pusat penelitian tumbuhan terbesar di indonesia.

apa saja sih yang menjadi koleksi kebun raya cibodas ini ? dengan koleksi 320 jenis anggrek yang berlokasi di rumah kaca, dan 10.800 berbagai macam species tanaman, serta 4850 jenis herbarium, jika kita telusuri sub bagian koleksi dari kebun raya cibodasi ini masih terdapat pembagian lagi seperti koleksi yang ada dirumah kaca, seperti kaktus, sukulen dan anggrek itu sendiri total dari koleksi yang ada di rumah kaca tersebut kurang lebih ada 778 jenis, belum berbagai jenis tanaman yang lainnya, inilah yang menjadikan kebun raya cibodas sebagai tempat keanekaragam hayati terkaya di dunia katalog: elib.pdii.lipi.go.id.

Beberapa lokasi yang menarik untuk kamu kunjungi, ialah tumbuhan lumut, didunian ini kurang lebih terindetifikasi ada 4000 jenis tumbuhan lumut yang mempunyai kekerabatan dengan tumbuhan alga ini, apakah kamu tahu ? sekitar 75% atau 3000 jenis dari tumbuhan lumut yang ada di dunia ini berada di indonesia, dan kebun raya cibodas mengkoleksi berbagai macam jenis lumut yang berada di indonesia ataupun luar negeri dengan luas  2.5 Km2 mampu mengkoleksi kurang lebih 240 jenis lumut, berikutnya Rumah kaca, disini kamu dapat menemukan berbagai macam tumbuhan seperti anggrek ,kaktus dan sukulen, berbagai jensi koleksi dapat kamu lihat, jumlahnya sudah saya terangkan di paragraf sebelumnya, Bunga bangkai tidak hanya terdapat di kebun raya bogorbunga bangkai ini juga kamu dapat temukan di kebun raya cibodas, dengan tinggi dapat mencapai 3 meter dan tentunya berbau  seperti bau bangkai, bunga ini ciri khas dari masyarakat asia tenggara karena dapat di temukan di kawasan asean

dengan harga yang terjangkau tiket masuk hanya Rp 6.000 dengan parkir mobil Rp 15.500 dan motor 2.500, semua harga itu di atur oleh perda PP. No. 75 Tahun 2007.

jika kamu ingin tahu lebih jauh lagi kamu dapat menghubungi, Phone: 0263-512233, 520448, 520467 Fax.: 0263-512233 Email: krcibodas@lipi.go.id

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top