p

Kawasan wisata kebun raya purwodadi

Didirikan lebih dari setengah abad oleh seorang doktor Bass becking dari belanda pada zaman era kolonial, kebun raya pruwodadi merupakan salah satu cabang dari kebun raya indonesia bogor yang memiliki tugas dan fungsi berbeda dalam penelitian dan pengembangan botanical, sama halnya seperti kebun raya cibodas yang terletak di kawasan puncak dan kebun eka karya bali di bedegul bali, 

Kebun raya yang dikelola oleh lembaga negara non kementrian atau bisa disebut (Lembaga ilmu pengetahuan indonesia)Lipi sebagai tempat konservasi penelitian tumbuhan dengan varietas yang telah dikelompokan bedasarkan wilayah pembagian iklim dataran kering tropis yang berada di indonesia.


Letaknya di desa parerejo, kecamatan purwodadi, pasuruan, Untuk mencapai lokasi ini anda akan menempuh jarak sekitar 66 km dari surabaya atau memakan waktu normal 1 jam perjalanan dengan melewati gempol - sukorejo - hingga ke purwodadi jika anda telah sampai pada jalan pandaan maka lokasi ini tak jauh lagi dapat anda temukan sesudah kawasan kertosari dan capang dari arah surabaya.

Letak ketinggian pada 1300 dpl serta memiliki  luas area hingga 160 hektar kebun raya purwodadi memilik banyak koleksi dengan beragam jenis tumbuh tumbuhan tropis, seperti anggrek sengaja ditanam pada lingkup rumah kaca dengan lebih dari 2000 spesimen yang terdiri dalam 300 varietas dan 70 marga. serta koleksi beragam jenis bambu yang dimiliki sekitar 30-an jenis.

Kebun raya purwodadi juga mengembakan penelitan untuk pengobatan khusunya tumbuhan tumbuhan iklim tropis yang bernilai ekonomis anda dapat menemukan beragam koleksi obat obatan yang terletak pada pengelompokan area 14G dan 5A seperti tumbuhan obat untuk kencing manis widoro upas atau gangguan jantung,  tumbuhan Sembung serta obat untuk penyakit ambeien Daun ungu.

Beragam koleksi diatas hanya beberapa saja, beragam tumbuhan yang dapat anda temukan di kebun raya purwodadi tentunya masih banyak lagi, misalkan saja beragam koleksi jenis tumbuhan paku-pakuan, pisang dan kacang- kacangan.

Untuk fasilitas penujang anda dapat temukan perpustakaan, tempat pengenalan dan persemaian/pembibitan, ruangan konservasi, tempati penjualan jenis bibit-bibit unggul di kios botani, serta area untuk melakukan kegiatan camping.

Pada saat kunjungan kebun raya purwodadi memliliki suhu yang cukup dingin berkisar hingga 16 sampai 24 C  dengan topografi dataran tinggi mencapai 1300 dpl serta curah hujan rata-rata per tahun 2300 mm disarankan kepada para pengujung untuk membawa baju penghangat dan pelindung hujan.

Untuk tiket masuknya sendiri hanya dibebankan 4500 per orang dengan biaya parkir dan mobil keliling terpisah, jam kunjungan jam 07:00 sampai dengan jam 16:00 dibuka setiap hari. 

1 komentar

  1. Silahkan kun jungi juga website Kebun Raya Purwodadi http://www.krpurwodadi.lipi.go.id

    BalasHapus

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top