p

Berwisata ke Gedung Sate - Bandung, Jawa Barat

Tak hanya sebagai pusat pemerintahan kota provinsi jawa barat yang dimana masyarakatnya sering menyuarakan pendapat mereka lewat unjuk rasa atau demonstrasi, ternyata gedung ini adalah obyek wisata yang menjadi salah satu tujuan para wisatawan yang datang ke kota bandung untuk sekedar mengagumi dan mengabadikan keindahan arsitekturnya.

Gedung yang dahulu bernama Governements bedrijven lebih populer dikenal masyarakat dengan sebutan gedung sate hingga sekarang, ini karena terdapat tongga panjang di atas atap tertinggi yang menyerupai tusuk sate.

Dalam sejarahnya gedung sate didirikan pada tahun 1920 tepatnya tanggal 27 juli dan membutuhkan waktu hingga 4 tahun untuk menyelesaikan bangunan ini secara utuh, gedung yang kental bercita rasa eropa dahulu di fungsikan sebagai pusat pemerintahan belanda untuk menggantikan ibu kota yang dahulu berada di batavia atau saat ini bernama jakarta, paska kemerdekaan gedung ini beralih fungsikan sebagai kantor pemerintahan provinsi jawa barat.


Gedung sate berada di tepat di pinggiran jalan Diponegoro, dengan alamat resmi jalan Diponegoro No. 22, Kel Cihaurgeulis, Kec Coblong, jika menuju dari Bandara Husein Sastranegara perjalanan hanya membutuhkan waktu 13 menit saja atau kisaran jarak 6 km. 

Dapat di bilang sebagai landmarknya kota bandung gedung sate telah merentang zaman hampir dari 1 abad dan tetap berdiri anggun pada kepungan moderenitas, tak heran banyak masyarakat atau wisatawan yang berkunjung merasa tidak pas atau ada sesuatu yang kurang jika tidak mengbadikan paling tidak melihat kemegahan arsitektur gedung ini.

Selain gedung inti, susunan gedung sate sendiri memiliki 4 bangunan yang terpisah 3 bangunan bagian kiri dan satu di bagian kanan dengan arsitektur serupa, rancangan yang ditemukan dominan bergaya eropa namun di beberapa sisi terlihat campuran budaya seperti atap berundak yang dapat terlihat pada titik tertinggi inti bangunan, yang  mengambil dari arsitektur atap pura dari indonesia. 

Taman yang luas menjadikan salah satu daya tarik bagi masyarakat dan para wisatawan untuk berkunjung, halaman gedung sate dihiasi taman taman yang di tata dengan baik di tumbuhi beragam jenis pohon besar yang membuat suasana menjadi sejuk dan rindang, pada teras depan rumput dan tumbuhan sengaja di bentuk menyerupai pola pola serta dipagari setinggi pinggang dewasa.

Di teras belakang tepatnya di jalan cimandiri dapat terlihat jelas penataan taman tampak berbeda dari halaman sebelumnya dimana terdapat pola ejaan bertuliskan gedung sate yang sengaja di bentuk dari susunan rumput, tak hanya itu taman labirin juga dapat terlihat dengan jelas mempercantik pemandangan, uniknya pada bagian belakang justru terlihat rancangan dari pilar bergaya romawi, yang biasanya hanya terdapat pada bagian depan di struktur bangunan eropa.

Tak jarang banyak pasangan yang melanjutkan ke jenjang pernikahan menjadikan latar gedung sate sebagai foto pra wedding mereka, mengabadikan kemegehanan dengan latar gedung ini dengan bergaya khas zaman tempo dulu

Jika anda ingin berkunjung waktu terbaik adalah pada hari libur atau hari minggu halaman gedung ini akan dibuka untuk umum, banyak masyarakat kota bandung yang berkunjung sehingga cukup ramai sebagi ruang publik, wisatawan dapat menikmati arsitektur gedung dari dekat, dan juga beristirahat di tamannya yang rindang.

Cobalah untuk berbicara kepada petugas penjaga gedung bahwa anda adalah turis luar kota dengan sedikit berdiplomasi anda dapat memperoleh akses menuju kedalam gedung hingga ke atap puncak yang sayang untuk di lewatkan.

Pada bagian luar gedung biasanya akan di penuhi oleh pasar dadakan, banyak penjual menjajakan barang dengan berbagai rupa dan tentu saja dapat anda tawar

Bagi yang ingin mencari jajanan, hampir di sekililing terutama di bagian halaman depan gedung sate banyak  ditemukan pedagang kaki lima mungkin anda dapat mencicipi jajanan pasar yang sebelum belum pernah anda coba, walau terkesan sembrawut karena banyak pedangang yang menjajakan dagangannya di areal pagar depan pesona gedung sate masih cukup indah untuk di anda abadikan.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top