p

Berwisata ke Pantai Pok Tunggal - Gunungkidul, Yogyakarta

Jika anda berwisata ke gunungkidul dan berkunjung ke pantai indrayanti ternyata anda kecewa terkait ramainya pantai ini dengan para wisatawan yang berkunjung namun anda tak perlu khawatir terdapat obyek wisata serupa yang tak jauh dari pantai indrayanti yang bernama Pantai Pok Tunggal di bagian timur yang berjarak kurang dari 1 hingga 2 km 

Pantai ini memang tak sepopuler pantai indrayanti atau lokasi pantai lainnya di selatan gunungkidul akan tetapi keindahan dari pesisir pantai  yang ditawarkan sungguh tidak kalah, banyak dari mereka yang mencari ketenangan lebih memilik pantai pok tunggal untuk di kunjungi, walau fasilitas dan akomodasi tak selengkap pantai pantai yang lebih populer.

Jika anda mempunyai rencana untuk berwisata ke gunungkidul mungkin pantai ini menjadi salah satu pilihan  terbaik yang harus ada dalam daftar kunjungan anda.


Dari yogyakarta menuju pantai pok tunggal dapat melewati jalur menuju wonosari lalu dilanjutkan ke tanjungsari sepanjang perjalanan akan melewati beberapa obyek wisata pesisir pantai seperti pantai baron krakal, kukup hingga ke pantai indrayanti, sebenarnya perjalanan dapat ditemupuh dari pantai indrayanti dengan trekking sejauh 2 km, namun bagi yang menggunakan kedaraan akan memutarar ke arah tepus hingga ke jalur pantai ini.

Perlu di cermati bagi wisatawan yang  mengunjungi pada hari hari libur, jalur dari wonosari ke tanjungsari akan cukup ramai bahkan sering terjadi kemacetan, berangkat pada pagi buta merupakan rencana yang tepat, total perjalan anda untuk sampai ke lokasi 2 hingga 3 jam perjalanan atau menempuh jarak kurang lebih 70 km.

Menuju pantai pok tunggal pemandangan semak semak dan pepohonan kerdil tampak sering terlihat, kondisi jalan cukup layak untuk dilalui wisatawan banyak menemukan plank penuntun arah menuju pantai ini, jika lebih mengarah dekat ke pantai jalan sedikit berganti dari beraspal menjadi jejak lapisan tanah kering yang sering dilewati kendaran, pada saat musim hujan wisatawan yang menggunakan mobil ataupun motor akan mungkin mengalami sedikit kesulitan terkait jalur yang becek dan berlumpur, sesamapainya di lokasi tentu perjalanan puluhan kilometer tak akan sia sia. 

Pantai yang masih terbilang cukup asri, dengan pemandangan bentang laut biru serta dominasi pasir putih dengan permukaan landai yang memiliki garis panjang pantai kurang lebih 200 meter merupakan hal yang pertama anda lihat ketika mengunjungi pantai ini.

Seperti halnya kontur alam yang banyak terdapat di kawasan areal batu karst gunungkidul, dimana terdapat tebing tebing batu curam yang lumrah di temukan tak terkecuali di pantai pantai gunungkidul dan pantai pok tunggal itu sendiri.

Tebing tandus yang sedikit ditemukan pepohonan dengan panjang tebing kurang lebih 70 m serta ketinggian vertikal 20 m tampak tinggi menjulang mengawal indahnya pesisir pantai pok tunggal, tak seperti pantai siung yang ramai dengan kegiatan olahraga ekstrim panjat tebing, di pantai pok tunggul tak ada kegiatan serupa namun olah raga ekstrim ini memiliki potensi yang cukup besar untuk di kembangan.

Bersantai di pesisir pantai merupakan aktivitas yang banyak terlihat, wisatawan yang datang dapat menyewa payung pantai kepada penduduk lokal, duduk lesehan bersantai ditemani semilir angin dan alunan riak ombak terdengar seperti terapi alam untuk memulikan pikiran sejanak.

Bagi anda yang telah berkunjung tentunya telah melihat pohon tunggal yang tumbuh kerdil di bagian pantai tersebut, pohon ini sendiri sangat dijaga keberadaannya oleh penduduk setempat, konon penamaan pantai pok tunggal berasal dari pohon tersebut, dimana ejaan kata "pok" yang bermakna "satu tunas", namun berbeda dengan cerita lainnya yang menyebutkan kata tunggal bermakna sumber mata air satu satunya yang dapat di temukan di kawasan ini.

Aktivitas selanjutnya menjelajahi pantai, mungkin anda tertarik dengan sumber mata air yang tak jauh dari pantai ini, dimana lokasinya berada pada sebuah ceruk di antara pepohonan, masyarakat memanfaatkan sebagai sumber mata air dengan menyalurkannya dengan menggunakan mesin pompa.

Tak jarang wisatawan yang datang memilih untuk bermalam, untuk sarana tenda dan keperluan lainnya dapat membawa sendiri atau menyewa, alasan mereka bermalam sekedar ingin mengabadikan panorama senja dan menikmati malam di pesisir pantai.

Sarana dan prasarana yang ada di pantai pok tunggal seperti kamar mandi dan wc umum, warung warung yang di bangun penduduk setempat telah cukup berkembang.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top