p

Berwisata ke Museum Gunung Merapi - Sleman, Yogyakarta

  • ©
  • ©
  • ©
  • ©

Gunung merapi adalah bagian perjalanan sejarah yang menyertai masyarakat yogyakarta khususnya warga sleman, di berkahi tanah yang subur sejak ratusan tahun lalu namun menyimpan ancaman nyata terkait  gunung merapi sebagai gunung teraktif di indonesia, dalam sejarahnya letusan terbesar tercatat pada tahun 1871 dengan letusan yang menghancurkan kubah lava yang terbentuk, gemuruh suara yang terdengar konon sampai kepulau bawean di ujung utara provinsi jawa timur.

Di zaman modern ini letusan serupa, tercatat pada tahun 2010, letusan dasyat tersebut memuntahkan material gunung lebih dari 140 juta meter kubik (m3) dan merusak 3300 rumah yang terkena abu vulkanik, tercatat korban jiwa pada saat itu 341 orang.

Terpaut sejarah yang terus berulang maka mitigasi bencana untuk meminimalisir resiko mengenai gunung merapi ini salah satunya dibangunlah museum merapi yang di tersmikan pada tahun 2009 tepatnya pada tangga 1 Oktober sembari memberikan edukasi pembelajaran kepada masyarakat dan tentunya sebagai geo-wisata di yogyakarta.


Bagi anda, para wisatawan yang ingin berkunjung ke museum gunung merapi, museum ini berada di jalan kaliurang, desa hargobinangun, kecamatan pakem, sleman, dari yogyakarta dapat menggunakan jalur menuju kaliurang pada bagian timur atau menggunakan jalur dari boyong pada sebelah barat lama waktu perjalan sendiri kurang dari 60 menit atau menempuh jarak 23 km.

Jika anda telah berwisata ke gunung merapi untuk mengabadikan panorama gunung ini serta menyaksikan sisa erupis makan kunjungan selanjutnya adalah museum merapi yang merupakan salah satu lokasi wisata yang harus wisatawan kunjungi, lokasinya sendiri berada tak jauh dari kawasan merapi pada sisi bagian selatan membuat tempat ini mudah di jangkau.

Berdiri pada sebidang lahan dengan luas 30 000 meter persegi, menampung ratusan koleksi dari pigura, replika hingga benda benda sisa letusan merapi, rancangan yang mengesankan pertama kali wisatawan melihat gedung dari mesum ini, didesan begitu minimalis dengan mengedepankan sisi modern, pelataran yang luas dengan penataan taman pada tepian jalan dan semakin indah dimana posisi gedung mebelakangi gunung merapi sebagai latarnya.

Pada ruang dalam museum, akan terlihat pertama kali replika dari gunung merapi yang di desan pada tahun 1786 dengan puncaknya yang masih utuh terlihat, dimana sengaja di panjang dengan bentuk lingkaran berdiameter 5 m di bagian tengah lobbi utama, replika ini bahkan semakin hidup dengan permainan cahaya dan asap yang akan terlihat pada replika tubuh dan puncak gunung. 

Pada dinding dinding sudut di suguhkan secara visual foto foto terkait dengan perkembangan gunung ini, salah satunya sejarah letusan merapi yang tercatat pertama kali pada tahun 1872 yang menghancurkan puncak kubah lava hingga letusan terakhir pada tahun 26 Oktober 2010.

Dilokasi museum juga dapat ditemukan foto foto letusan dan erupsi merapi yang terekam dari lensa kamera serta citra satelit sesaat sesudah letusan terjadi.

Tidak hanya itu saja barang barang peniggalan saksi bisu ganasnya dampak letusan merapi dapat terlihat sebagian diantaranya meterial sisa letusan, barang barang dapur hingga perabotan penduduk bahkan terpajang sepeda motor yang tampak terlihat gosong dan menyisakan kerangka besisi saja.

Selain meberikan pembelajaran serta informasi yang cukup lengkap mengenai sejarah perkembangan merapi, wisatawan juga dapat mempelajari dan menemukan informasi lainnya terkait dengan ilmu bumi dari sejarah evolusi bumi hingga menjelaskan kondisi geologi di indonesia. 

Museum gunung merapi secara langsung memberikan pemahaman secara visual dari betapa tak terduga ketika sebuah proses alam terjadi, melumatkan apa saja yang merintanginya, sebagian penduduk bahkan menganggap siklus ini adalah bagian dari hidup mereka dan merupakan karunia yang harus disukuri, rupa merapi bagai dua sisi berlawanan dimana dapat membawa berkah sekaligus ancaman yang kapan saja dapat terulang.

Perlu di catat jam kunjungan museum buka setiap hari terkecuali pada hari senin mereka akan tutup, untuk jam buka pada pukul 9 pagi hingga 1 siang.

0 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top