p

Wisata Pantai Sulamadaha - Ternate, Maluku Utara

Provinsi Maluku utara dapat terbilang tempatnya mencari destinasi bertema bahari, secara geografis maluku utara merupakan sebuah provinsi yang teridiri dari gugusan pulau dimana menawarkan beragam objek wisata dari karunia alamnya, walau belum terkelola dengan baik seperti minimnya fasilitas dan akomodasi, positifnya destinasi yang disuguhkan merupakan sebuah surga pribadi. 

Namun dari sisi pemerintah sendiri telah mempromosikan pariwisata maluku utara kepada masyarakat indonesia dan internasional dengan berbagai cara diantaranya festival rakyat legugam, sail morotai hingga Teluk Jailolo.

Banyak yang menyarankan mengunjungi pantai sulamadaha jika anda berwisata ke maluku utara, selain lokasinya yang tak jauh dari ibukota provinsi ternyata pantai ini menyimpan panorama yang sangat layak untuk anda nikmati, tak hanya dari pantainya saja ekosistem bawah lautpun dapat menjadi explorasi anda selanjutnya.


Pantai ini berada di desa sulamadaha, kecamatan pulau ternate, di utara kota ternate, untuk mencapainya akan menempuh jarak sejauh 10 Km atau membutuhkan waku 12 menit saja, wisatawan dapat menggunakan kendaraan baik angkot ataupun taksi, namun bagi wisatawan yang menyewa travel agent biasanya mereka akan menjemput anda di hotel kota ternate. 

Bagi wisatawan dari luar kota dapat menggunakan jalur penerbangan, anda dapat memilih penerbangan langsung dari kota kota besar ke bandara babullah, seperti rute penerbangan dari jakarta, surabaya, makassar, manado, yogyakarta dan bali, yang menyediakan rute ini adalah maskapai dari garuda, lion air dan sriwijaya air.

Megahnya gunung gamalama terlihat setiba wisatawan menginjakan kaki di pulau ternate, Indahnya gunung ini sekaligus mengawal wisatawan menuju pantai sulamadaha yang berada di ujung utara pulau ternate, dengan lokasinya yang tak begitu jauh hanya belasan kilometer saja, wisatawanpun dapat menggunakan moda tranportasi seperti kendaraan umum untuk menuju lokasi.

Pantai sulumadaha di tandai dengan pasirnya yang khas berwarna abu abu kehitaman seperti kondisi serupa yang dapat di temui di pantai lovina, bali, kondisi lingkungan tentu saja masih sangat asri dengan pohon pohon hijau yang tumbuh rapat, pantai ini sendiri memiliki garis tepian lebih kurang 50 meter dengan ombak yang tak begitu besar.

Wisatawan yang berkunjung selain menikmati panorama biru laut tampak jelas memandang jauh di sebelah utara terdapat bukit yang terlihat menyerupai gunung, bukit ini disebut pulau hiri terlihat sayang jika tak di abadikan dari ketingginya yang menjulang, setidaknya dipantai sulamadaha juga merupakan perkampungan nelayan, anda sangat mudah menemukan perahu perahu penduduk yang bersandar di tepian.

Perjalanan wisatawan di pantai sulumadaha tentunya tak sebatas itu saja, tujuan utama dari mengunjungi pantai ini adalah sebuah destinasi yang berada di bagian barat, dimana terdapat bagian lautan yang menyerupai teluk, dimana biasa disebut teluk saomadaha lokasi inilah yang menjadi incaran para pemburu wisata pribadi.

Untuk mencapai lokasi dapat berangkat dari pantai sulamadaha dengan menyewa perahu sampan dari nelayan setempat, perjalanan tak kurang dari 5 menit untuk menyambangi lokasi, setibanya di teluk ini wisatawan bisa melakukan beberapa kegiatan yaitu bersnorkeling ataupun sekedar berenang menikmati jernihnya air  laut, kejernihan air di teluk ini bahkan terlihat hingga ke dasar tepian.

Berbeda seperti pantai sebelumnya pantai di teluk saomadaha justru lebih dominan dengan pasir putih dan bebatuan karang, pemandangan yang terjasi berupa teluk yang di apit daratan dengan lebatnya pepohonan, bagi yang ingin melakukan kegiatan bersenorkeling wisatawan dapat menyewa perlengkapannya berupa snorkel gear, rompi apung hingga seorang guide, di lokasi ini juga tersedia rumah apung sebagai tepat penyewaan akomodasi dari wisatawan yang datang.

Biasanya bagi wisatawan dari luar kota mereka akan lebih memilih untuk mencari travel agent, tentu tak hanya pulau sulamadaha saja yang ingin mereka kunjungi tapi melainkan objek objek wisata menarik lainnya di pulau ternate.

1 komentar

Posts a comment

 
Terms and Conditions | Disclaimer | Kritik dan saran| Google+| Bloggers
Designed by blog.nguoiaolam.net Modified by Oladoo Powered by blogger Thanks to map icons collection and Blog Thiết Kế
Copyright © 2013 Oladoo.com
Back to top